Rabu, 12 Oktober 2016

Yuk Kenalan dengan Keluarga Buah Berry, ada Siapa aja ya?

Strawberry yang merah merona dan Blueberry yang menggoda tentu sudah sering kita menjumpainya kan? Walaupun hanya di bungkus snack beraneka rasa kali ya. Namun, jenis dari buah berry ini ada banyak lo dan warna warni tentunya. Ada apa aja sih? Yuk kenalan dengan keluarga berry dan berbagai khasiatnya.

Strawberry

strawberry dan manfaatnya
Sumber : greenblender.com
Strawberry tentu sudah sangat familiar di telinga dan lidah kita. Warna yang merah menggoda, dan bentuk yang cantik, membuat buah ini sering dijadikan hiasan makanan. Rasa asam dari buah ini makin membuat banyak orang yang menyukainya, terutama anak-anak. Strawberry mengandung berbagai zat seperti antioksidan, vitamin C, asam folat, dan kalium. Khasiatnya menurunkan kadar kolesterol, untuk pertumbuhan anak, dan menghentikan serangan diare.



Blueberry

Blueberry dan manfaatnya
Sumber :blueberrycouncil.org
Buah berwarna kebiruan ini banyak digunakan untuk perasa minuman yang populer. Mungkin rasanya juga agak asam, maklum karena belum pernah nyoba juga. Blueberry mengandung zat Anthocyanosides yang merupakan antioksidan terkuat dan kaya akan vitamin A, B, dan C. Khasiatnya memerangi radikal bebas dan mencegah penuaan dini.





Blackberry 

Blackberry dan manfaatnya
Sumber : pixabay.com
Seperti namanya, Blackberry mempunyai warna hitam tapi lebih manis dibanding Blueberry dan strawberry. Sekilas bentuknya seperti segerombol buah anggur, tapi ukurannya jauh lebih kecil. Suku asli Amerika, biasanya mengkonsumsinya untuk dijadikan obat. Tapi seiring kemajuan zaman, kita dapat menjumpainya dalam bentuk selai atau minuman instant. Khasiatnya sebagai obat luka, diare, wasir dan sariawan.




Anggur

Buah anggur dan manfaatnya
Sumber : rumahoscar.com
Anggur memiliki banyak warna seperti merah dan hijau, karena kedua anggur itu yang populer. Buah ini memiliki rasa asam manis dan berair ketika menggigit buah ini membuat banyak orang ketagihan. Anggur adalah satu-satunya buah dalam keluarga berry yang menghasilkan fruktosa alami dan glukosa sehingga mudah dicerna serta banyak memberikan energi. Nutrisi dalam anggur hanya bisa di dapat saat kondisi masak. Anggur juga kaya antioksidan. Khasiatnya menjaga keseharan ginjal dan usus.

Cranberry

Cranberry dan manfaatnya
Sumber : womentribe.com
Cranberry jarang ditemui di Indonesia. Namun dengan warnanya yang merah, buah yang satu ini berhasil memikat para penikmatnya. Cranberry mengandung Antioksidan, Polyphenol, Anthocyanidin, Cyanidin, Peonidin, dan Quercetin.
Khasiatnya mencegah batu ginjal dan kanker.







Ribes

Ribes dan manfaatnya
Sumber : laspilitas.com
Mungkin keluarga berry yang satu ini belum banyak yang kenal, atau hanya saya saja ya? Hehee. Ribes mempunyai warna biru keputih-putihan dan memiliki bintik-bintik di permukaannya. Kalau orang India biasa menyebutnya dengan Blackfoot atau root blackcurrant. Khasiatnya sebagai penambah kesuburan untuk orang hamil dan mengatasi sindrome pre-menstruasi.











Ligonberry

Lingonberry dan manfaatnya
Sumber : pinterest.com
Ligonberry biasanya hidup pada tanah yang lembab, dan sangat populer di daerah Swedia dan Amerika. Rasanya lebih asam dari berry yang lainnya sehingga untuk menikmatinya harus ditambahkan gula, kecuali memang orang pecinta asam. Buah yang masih terdengar asing di Indonesia ini memiliki kandungan vitamin A, B, dan C. Khasiatnya obat sariawan dan mencegah kanker.







Raspberry

Raspberry dan manfaatnya
Sumber : supergardener.com
Raspberry merupakan tanaman semak yang tumbuh di berbagai area dunia. Jadi mungkin juga banyak di Indonesia. Kandungan vitamin dalam buah ini juga banyak, seperti vit C, polyphenol serta anthicyanin yang bermanfaat untuk kesehatan. Khasiatnya sebagai obat sariawan dan anti kanker.







Bilberry

Bilberry dan manfaatnya
Sumber : goflightmedicine.com
Bilberry memiliki warna biru kehitaman dengan bentuk bulat. Jika dilihat sepintas memang mirip dengan Blueberry, namun pada buah bilberry di bagian bawahnya tidak memiliki mahkota. Pada umumnya buah ini diproduksi menjadi selai. Bilberry mengandung Pigmen anthocyanin yang berkhasiat untuk mengobati sakit jantung, mata, dan kanker.





Dewberry

Dewberry dan manfaatnya
Sumber : colourbox.com
Dewberry banyak dijumpai di bumi belahan utara dan. Buah Dewberry mirip dengan Raspberry yaitu bulat kecil bergerombol yang berwarna ungu kehitaman. Dewberry tumbuh menjalar di permukaan tanah karena tidak memiliki dahan yang kuat untuk posisi vertikal menahan berat tumbuhan. Buah Dewberry rasanya manis, sering dibuat selai dan daunnya juga dapat digunakan menjadi teh.







Mulberry

 Mulberry dan manfaatnya
Sumber : reddit.com
Mulberry belum banyak diketahui orang di Indonesia. Berry yang mirip dengan dan Dewberry ini hidup di area subtropik di Afrika, Asia dan Amerika. Buah ini dikenal juga dengan nama Murbai, merupakan buah berwarna ungu tua hingga hitam saat masak dan rasanya manis. Mulberry digunakan sebagai selai, minuman dan bahan kue, daunnya untuk makanan ulat sutra. Mulberry mengandung anthocyanin, zat besi, vitamin C, resveratrol. Khasiatnya sebagai antioksidan, pertumbuhan sel darah merah, anemia, membersihkan polutan dalam tubuh, melawan tumor pada kulit, payudara, paru-paru dan prostat.


Gojiberry

Gojiberry dan manfaatnyaa
Sumber : saglikloji.com
Gojiberry merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan asam amino. Kandungan beta karotennya lebih tinggi dari pada wortel. Khasiatnya mencegah penuaan, dan kanker.

0 komentar:

Posting Komentar