Jumat, 09 September 2016

10 Makanan Bernutrisi untuk Ibu yang sedang Hamil



Ketika masuk masa kehamilan, Seorang ibu mengalami perubahan fisik dan mental. Tentu kebutuhannya pun juga berubah. Begitu pula saat makan, Nutrisi yang sebelumnya untuk dirinya sendiri kini harus berbagi dengan si janin. Maka dari itu dibutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Makanan bernutrisi seperti apakah yang dibutuhkan ibu yang sedang hamil ? Berikut 10 diantaranya.

1.Beras Merah

Beras merah yang kaya serat dapat membantu anda menjaga kesehatan janin. Beras merah juga memberikan rasa kenyang lebih lama. Di dalamnya ada vitamin yang menjaga kesehatan sistem syaraf dan mencegah penyakit beri-beri pada bayi. Selain itu beras merah dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena biasanya volume darah meningkat saat sedang hamil.

2.Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan serat yang salah satu manfaatnya dapat mencegah sembelit. Kandungan anti oksidan tinggi yang ada pada ubi jalar juga penting untuk menangkal radikal bebas. Selain itu ubi jalar juga mengandung Vitamin A, Vitamin B dan Vitamin C yang sangat di butuhkan saat sedang hamil.

3.Ikan Salmon

Ikan Salmon mengandung omega-3, protein dan mineral. Ikan Salmon disarankan untuk ibu hamil karena memilki kandungan merkuri lebih rendah jika dibandingkan ikan lainnya. Namun cara memasaknya harus diperhatikan. Untuk ibu yang sedang hamil hindari memakan ikan salmon ataupun ikan lain yang dimasak kurang matang. Juga untuk sementara menghindari olahan ikan yang mentah seperti sushi.

4.Kacang-Kacangan

Kacang hijau mengandung mengandung folat. Folat dapat membantu menurunkan resiko cacat pada bayi. Ada juga kacang merah yang mengandung zat besi. Zat besi penting untuk menghindarkan ibu hamil dari penyakit anemia. Ada juga kacang almond yang mengandung kalsium. Kalsium penting untuk membantu pembentukan tulang bayi dan menjaga agar ibu yang mengandungnya tidak terkena penyakit osteoprosis.

5.Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri laktobacillus, protein, kalsium dan probiotik. Yoghur sangat cocok sebagai nutrisi pelengkap atau tambahan. Selain kandungan nutrisinya sesuai dengan yang dibutuhkan ibu hamil, yoghurt juga mampu menjaga organ pencernaan tetap sehat. Namun untuk ibu hamil sebaiknya pilih yoghurt yang belum tercampur perasa atau pewarna makanan.

6.Alpukat

Alpukat mengandung vitamin B kompleks terutama B9, Asam folat dan lemak tak jenuh. Alpukat dianjurkan untuk ibu hamil karena kandungan lemak tak jenuhnya. Fungsi dari lemak tak jenuh adalah sebagai sumber energi tambahan yang aman.

7.Sayuran Hijau

Sayur-sayuran hijau mengandung banyak sekali nutrisi. Vitamin, Asam folat, zat besi, kalsium dan masih banyak lagi ada semua pada sayuran hijau. Bagi ibu hamil, konsumsi sayuran hijau sangat penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi oleh makanan lain. Hal itu dikarenakan sayuran hijau sangat mudah didapatkan dan harganya terjangkau.

8.Daging

Daging adalah sumber protein tinggi. Setidaknya dianjurkan dikonsumsi setidaknya seminggu sekali untuk melengkapi kebutuhan protein saat hamil. Tapi hindari daging yang berupa jeroan apalagi hati. Karena jeroan mengandung lemak jenuh yang beresiko membuat ibu hamil mengalami obesitas. Sedangkan hati mengandung retinol yang berbahaya untuk pertumbuhan bayi.

9.Telur

Telur sebaiknya lebih sering dikonsumsi saat hamil. pada ada setidaknya 12 vitamin, mineral, omega-3, kolin dan protein. Semua zat itu sangat penting saat ibu sedang hamil. Apalagi saat memasuki trisemester ketiga(usia janin 13-28 minggu) telur berperan penting untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin.

10.Pisang

Peranan penting pisang saat hamil ada pada zat potassium yang dikandungnya. Potassium membantu menahan penumpukan cairan yang bisa membuat kaki ibu hamil bengkak. Kandungan gula yang ada pada pisang juga unik. Pencernaan gula pada pisang dilakukan secara perlahan oleh tubuh sehingga bisa kenyang lebih lama. Pisang juga baik untuk menjaga pencernaan. Saat hamil, Pisang sangat dianjurkan sebagi camilan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar