Kamis, 13 Oktober 2016

Perpaduan Rujak dan Soto yang menjadi Kuliner khas Banyuwangi

rujak Soto kuliner khas banyuwangi
Sumber : budaya-indonesia.org
Gimana ya rasanya rujak yang gurih dengan bumbu kacang dan petisnya, dicampur dengan soto babat? Pasti yang terpikir, aduh kuahnya kayak apa bentuknya? Hehee, itu sih saya.

Di Banyuwangi yang kini terkenal dengan wisata pulau merah, rujak soto adalah menu wajib yang khas di setiap sudut kota. Rasanya yang gurih, asin, pedas dengan kuah soto babat ini harus anda coba ketika bertandang ke kota Banyuwangi ini.

Dari namanya, pasti sudah bisa ditebak apa saja isinya. Satu porsi rujak soto terdiri dari irisan lontong, timun, tahu, tempe, dan berbagai sayuran rebus seperti bayam, kacang panjang, serta tauge dicampur dengan bumbu kacang. Kemudian di siram dengan kuah soto babat yang masih panas, tak ketinggalan kerupuk udang andalan sebagai pendamping rujak soto.

Ketika anda memesan rujak Soto, anda harus menunggu beberapa waktu. Seperti rujak pada umumnya, penjual rujak soto akan membuat bumbu rujak di atas cowek. Ini dilakukan secara manual, ada yang menyebutkan rujak harus segera dimakan setelah dibuat atau kalau tidak, rasanya tidak akan senikmat rasa aslinya. Loh

Untuk pembuatan rujak soto, bumbu kacang harus dihaluskan dulu. Sebelumnya, kacang di goreng dulu. Ditambah dengan cabe, pisang batu yang masih muda, gula merah, garam, asem, dan petis akan membuat rasa rujak semakin nikmat. Bumbu kacang sudah halus. Lontong, bayam, kacang panjang, tauge, irisan timun, irisan tahu dan tempe goreng dicampur jadi satu dengan bumbu, masih di atas cowek. Siap di hidangkan dalam mangkuk dan disiram dengan soto babat.

Untuk tingkat kepedasan rujak soto, sebenarnya terserah anda. Karena setiap penjual membuat bumbu kacangnya, mereka akan bertanya kepada anda berapa jumlah cabe yang digunakan.
Mau mencicipi kuliner yang unik ini? Saya ada beberapa referensi untuk anda pecinta kuliner banyuwangi.
- Rujak Soto Mbok Pun yang memiliki 4 cabang sekaligus, di Jln. Besuki Rahmat, Kawasan SMA 1 Giri, Kawasan Lateng, dan depan RSI Dadapan Banyuwangi.
- Kedai Losari, di jalan Losari, Banyuwangi.
- Rujak Soto Bu Ning, jln. Nusantara, Banyuwangi.



Bagaimana? Bikin ngiler ya ternyata. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar