Rabu, 12 Oktober 2016

Berburu Nasi Tempong yang khas di Banyuwangi

Sumber : uzone.id
Gimana pecel pitiknya? Mantap kan? Kalau pecel pitik rasanya gurih asam pedas, sekarang waktunya mencicipi yang super pedas Sego Tempong. Apa sih sego Tempong itu? Konon katanya dinamakan sego Tempong karena setiap orang yang setelah makan sego Tempong, wajahnya akan memerah seperti bekas tempongan (baca tamparan) saking pedasnya.

Penasaran kan? Rasa pedas dalam sego Tempong tak lain karena sambal khas nya yang pedas dan diracik dengan bahan yang khas pula. Bahannya meliputi cabe rawit, tomat ranti, jeruk limau, gula pasir, garam, dan terasi. Resep lengkapnya klil disini

Satu porsi sego Tempong disajikan dengan nasi hangat yang diiringi dengan lauk yang pasti ada ikan asin, dadar jagung, tahu dan tempe goreng, atau sesuai selera, tak lupa dengan sayuran seperti kacang panjang, mentimun, daun singkong dan terong rebus dan banyak jenis sayuran lainnya. Sambel yang khas dengan rasa pedasnya tak luput untuk mendampingi sajian lezat sego Tempong.

Tapi jangan salah, para koki di warung yang menyediakan sego Tempong mempunyai ciri khas tersendiri untuk setiap sambelnya. Ada yang menggunakannya teri untuk bahan sambel nya, ada pula yang menggunakan terasi.

Untuk menikmati sego Tempong, ada beberapa warung untuk referensi anda berwisata kuliner khas Kota Gandrung ini :- Warung nasi Tempong Sukowidi di daerah yang tidak jauh dari lampu merah Sukowidi. Warung milik mbak Sumiyati ini mempunyai ciri khas nasi kukusan dan sambelnya berbahan terasi. - Warung Mbak Sum di jln. Ahmad Yani, Banyuwangi. Dari sinilah awal kuliner sego Tempong. - Warung Buk Nah di daerah Kertosari yang selalu padat pengunjung. - Nasi Tempong Mbak Nah di jln. Kolonel Sugiono No. 16, Banyuwangi. - Warung Nasi Tempong Holisa di Jln. Thamrin. - Nasi Tempong Mak Wah di dekat stasiun Karangasem. - Warung Mbok Wah di daerah Bakungan, Glagah. - Warung Nasi Tempong Bu Sulik di dekat pertigaan lampu merah Genteng Wetan. - Nasi Tempong Bu Ham Padang di Singojuruh. - Nasi Tempong Mbak Har di jalan raya Benculuk. - Warung Nasi Tempong Mbok Titin di jln. Gatot Subroto, Ketapang.

Jika ingin merasakan Sego Tempong dengan berbagai varian rasa, datanglah ke setiap event kuliner yang diadakan Banyuwangi. Di sana para koki profesional dan amatiran akan berlomba membuat sego Tempong khas milik mereka, karena selain teri dan terasi ada pula yang berani bereksperimen dengan petis.

Sedikit info. Sebelum sego Tempong dijadikan kuliner khas Banyuwangi, sajian ini biasa digunakan untuk bekal para petani yang bekerja di sawah. Porsinya yang besar sekaligus untuk beberapa orang akan membuat energi para petani selalu baru.Semoga bermanfaat.

1 komentar: