Rabu, 12 Oktober 2016

Pecel Pitik khas Banyuwangi

Pecel Pitik khas Banyuwangi
Sumber : langsung enak.com
Tak lengkap rasanya jika pergi ke suatu tempat tanpa merasakan kuliner khas tempat tersebut. Apalagi Banyuwangi yang kaya akan cita rasa kuliner. Salah satunya adalah pecel pitik.

Pecel pitik merupakan makanan khas Banyuwangi yang hanya akan dijumpai saat upacara tradisional atau selamatan bersih desa, khitan, dan nikahan. Tidak seperti pecel pada umumnya, pecel pitik menggunakan ayam kampung muda sebagai bahan dasarnya.


Perpaduan rasa gurih dari bumbu kacang dan parutan kelapa serta tambahan air kelapa memberikan rasa yang nikmat dan khas. Ditambah tekstur daging ayam yang lembut menambah cita rasa kuliner ini.


Untuk membuat pecel pitik, siapkan ayam kampung berusia 8 bulan. Setelah disembelih, ayam kampung dibersihkan lalu dipanggang secara utuh di perapian. Api harus dijaga agar daging ayam tidak gosong dan matang merata. Biasanya ayam di bakar di tungku secara tradisional sehingga membutuhkan waktu yang lama serta keahlian khusus. Setelah matang, ayam tidak boleh dipotong dengan pisau. Harus menggunakan tangan dengan cara di tarik-tarik dan di patahkan tulangnya.



Pecel Pitik yang dipanggang
Sumber : kompasmuda.com
Untuk bumbu, haluskan kacang, kemiri, cabai rawit, terasi, daun jeruk, gula, lalu dicampur dengan parutan kelapa muda sampai merata. Boleh ditambah air kelapa untuk yang suka agak berkuah. Lalu campurkan potongan ayam dengan bumbu. Resep pecel pitik, klik disini.

Biasanya pecel pitik dihidangkan dengan nasi tumpeng, sambel, dan sayuran yang direbus, mungkin di krawu lebih enak. Untuk upacara, pecel pitik dimakan bersama-sama di atas daun pisang, ini menunjukkan kebersamaan. Dan harus berdoa dulu sebelum makan. (lebih baik setiap akan makan berdoa dulu, tidak hanya pecel pitik) Satu porsi pecel pitik untuk 5-7 orang.



Sumber : banyuwangibagus.com
Untuk merasakan kenikmatan kuliner khas Banyuwangi yang satu ini, datanglah ke Desa Adat Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi yang merupakan asal pecel pitik. Walaupun hanya disajikan untuk upacara adat, namun warga Desa Kemiren akan membuat pecel pitik jika anda memesannya. Jangan lewatkan kuliner unik yang nikmat ini ya.

0 komentar:

Posting Komentar