Jumat, 14 Oktober 2016

Sop Kesrut Kuliner Khas Banyuwangi yang Mulai Langka

Sop Kesrut kuliner khas banyuwangi
Sumber : asliindonesia.net
Karena sebelumnya saya membuat artikel tentang kuliner sego cawuk khas Banyuwangi yang unik, sekarang saatnya sop Kesrut yang namanya juga tak kalah unik. Sepertinya kota Sunrise of Java ini tak ada habisnya dengan beragam keunikan kuliner. Tak melulu tentang wisata yang mulai mendunia seperti pulau merah, jika anda sedang berkunjung ke Banyuwangi, jangan lewatkan berbagai menu unik untuk wisata kuliner anda.

Sop Kesrut, begitulah namanya. Cita rasa kuliner yang satu ini seperti sego tempong yang menonjol dengan rasa pedasnya. Saking pedasnya, penikmat sop Kesrut akan kesrut-kesrut menahan ingus yang keluar saat menyantap hidangan ini. Konon begitulah awal mula nama sop kesrut. Rasa gurih, asem, dan manis melengkapi segarnya sop Kesrut.

Hidangan pedas nan segar ini disajikan dengan sederhana. Dalam satu porsi, terdapat nasi, belungan ayam kampung, atau daging sapi, atau kikil, dapat memilih salah satu sesuai selera, dan kaldu kental.  Namun biasanya dimakan dengan tambahan ayam kampung goreng atau pelasan ikan. Walaupun sudah memiliki rasa yang pedas, sop Kesrut sering pula disandingkan dengan nasi Tempong yang juga pedas. Bayangkan sendiri bagaimana sensasi pedasnya. Hehee.

Harga tiap porsi sop Kesrut juga beragam, tergantung menu pilihan dan warungnya. Jangan khawatir, dengan 15000 hingga 20000 perak, anda bisa menyantap hidangan lezat nan pedas gurih asam manis ini.

Harus ke Banyuwangi dong kalau mau ngerasain sop Kesrut? Iya, karena asal kuliner unik ini adalah Banyuwangi yang asli rasanya. Namun demikian, tak banyak yang menjual menu ini, kuliner unik khas suku oseng yang sudah ada sejak dulu. Langka memang. Jangan heran jika anda menanyakan keberadaan sop Kesrut pada masyarakat Banyuwangi namun mereka menggelengkan kepala. Sekali lagi, ini kuliner langka, hehee.

Penasaran dengan makanan unik yang satu ini? Inilah beberapa referensi warung sop Kesrut yang bisa saya sampaikan untuk anda.
- Warung Olgha milik Khusnul Khotimah di Jln. Dl Panjaitan No. 49, Lateng, Banyuwangi.
- Warung Rodiyah di dusun Krajan, Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi.
- Warung Erni di Desa Glagah, Banyuwangi.

Ayo, berburu kuliner khas Kota Sunrise of Java.
Jika terdapat kesalahan, mohon kritik dan saran di kolom komentar. Budayakan berkomentar yang baik ya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar