Sabtu, 15 Oktober 2016

Resep Sop Kesrut Pedas Khas Banyuwangi

Resep Sop Kesrut Pedas Khas Banyuwangi
Sumber : asliindonesia.net
Bahan :
- 1 ekor ayam kampung, potong sesuai selera. Anda bisa menggantinya dengan kikil, daging, ceker atau sayap ayam, sesuai yang anda suka. Ini akan memberikan cita rasa yang berbeda-beda.
- 3 batang daun bawang, potong-potong
- 3 cm lengkuas, geprak
- 10 buah belimbing wuluh, potong kecil memanjang
- 1 buah tomat, potong dadu
- 3 helai daun salam
- 3 sdt garam
- 3 sdt gula
- 1500 ml air

Bumbu halus :
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah
25 buah cabe rawit atau sesuai selera

Cara membuat :
- Cuci bersih ayam kampung yang sudah dipotong. Rebus bersama air hingga setengah matang. Ini untuk membuat kaldu ayam, namun jika takut keluar bau amis bisa mengganti airnya dan diberikan penyedap kaldu ayam.
- Tumis bumbu halus dalam wajan yang berbeda sampai harum, masukkan lengkuas dan daun salam. Tumis sebentar lalu tuang ke dalam rebusan ayam, aduk rata.
- Masukkan belimbing wuluh, tomat, dan daun bawang. Tambahkan pula gula dan garam, cicipi sebentar jika perlu tambahan gula dan garam hingga menurut anda pas di lidah. Cita rasa yang dihasilkan adalah rasa pedas, asem, manis, dan segar. Masak hingga matang dan angkat.
- Sop Kesrut siap disajikan. Lebih nikmat disantap dalam keadaan panas bersama nasi dan lauk pendamping seperti pelas ikan dan ayam kampung goreng. Ini sudah pedas lo, tapi tak ada salahnya jika ditambah sambel.
Resep baru untuk menu makan siang keluarga cocok anda coba di rumah. Lumayan gampang kan?
Semoga bermanfaat dan selamat menikmati. Jika ada kritik dan saran silakan tulis dalam kolom komentar. Budayakan berkomentar yang baik ya.

0 komentar:

Posting Komentar